Tips Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi itu tidaklah sulit, selama kita punya kemauan untuk melakukannya. Bila tak ada kemauan, jiwa pun tak semangat untuk bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi disini berarti bangun sebelum waktu shubuh. Berikut tips agar kita bangun lebih pagi.

Niat
Ya, semua berawal dari niat. Niatkan diri bangun lebih pagi. Bila tak ada niat, maka tak ada kesungguhan nantinya, tak ada semangat. Untuk itu perlu diniatkan dan dengan penuh semangat, “saya berniat bangun lebih pagi!”.

Jangan tidur terlalu malam
Tubuh memerlukan istirahat yang cukup setelah beraktifitas seharian. Tidur terlalu malam menyebabkan tubuh kekurangan waktu istirahat. Sehingga sulit untuk bangun lebih pagi.

Jauhkan alarm dari tempat tidur
Saat alarm berbunyi, kita akan refleks untuk mematikan alarm tersebut. Bila alarm tersebut dapat dijangkau oleh kita dalam posisi tidur, tentu kita akan tertidur kembali. Bila alarm jauh dari tempat tidur, maka tubuh akan bangun dan bergerak untuk mematikan alarm tersebut. Jadi, tubuh sudah melakukan pergerakan. Hal ini akan mengurangi rasa kantuk.

Shalat shubuh berjama’ah
Berniat shalat shubuh berjama’ah di masjid dan bersungguh-sungguh untuk melakukannya. Shalat berjama’ah itu lebih utama dibanding shalat sendiri. Apalagi dua rakaat sebelum shubuh itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Bagi wanita, shalat dirumah itu lebih utama.

Bangun lebih pagi itu menyenangkan, banyak hal yang dapat kita lakukan bila bangun lebih pagi.

Demikian tips bangun lebih pagi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s